Skor 10: Pemain yang Memaksa Pergi, Termasuk Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo

7 Juli 2022, 19:10 WIB
Penulis: Irfan Sudrajat
Editor: Irfan Sudrajat
Cover Robert Lewandowski (Bayern Munchen), Ronaldo Nazario (Inter Milan), Luka Modric (Tottenham), Luis Suarez (Liverpool), Ousmane Dembele (Borussia Dortmund)
Cover Robert Lewandowski (Bayern Munchen), Ronaldo Nazario (Inter Milan), Luka Modric (Tottenham), Luis Suarez (Liverpool), Ousmane Dembele (Borussia Dortmund) /(Grafis: Dede S Mauladi/Skor.id)

  • Bursa transfer diwarnai dengan deretan pemain yang meminta dijual.
  • Pemain tersebut memberikan tekanan kepada klub, seperti tidak mau berlatih.
  • Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo contoh terkini.

SKOR.id - Transfer musim panas 2022 ini memberikan sejumlah kejutan. Nama-nama pemain bintang yang sebelumnya menjadi isu kini sudah diketahui klub barunya.

Nama seperti Erling Haaland, Kylian Mbappe, atau Darwin Nunez, adalah deretan pemain yang telah mengakhiri semua spekulasi tersebut. Erling Haaland memilih ke Manchester City.

Kylian Mbappe secara mengejutkan lebih memilih bertahan di Paris Saint-Germain ketimbang menerima tawaran Real Madrid.

Sedangkan Liverpool justru memilih membuat kejutan dengan "memperkenalkan" sosok Darwin Nunez.

Lalu, ada barisan pemain yang berkelas bintang tapi karena sejumlah faktor justru belum mendapatkan klub baru.

Mereka adalah barisan pemain yang masih memiliki posisi bagus di pasar transfer tapi sampai kini belum menentukan akan bermain di mana.

Yang menarik di kategori lain, yaitu pemain yang masih terikat kontrak namun ingin pergi meninggalkan klub mereka saat ini.

Ada yang terang-terangan menyampaikan keinginan tersebut, ada pula yang memilih strategi diam-diam dan membiarkan pers memanaskan situasi tersebut.

Pemain kategori ini bahkan termasuk pemain megabintang. Ya, kasus yang saat ini tengah memanas untuk kategori tersebut adalah tentang Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo.

Dari sisi lain, klub tentu menjadi pihak yang dirugikan. Bukan hanya karena mereka masih memegang hak kontrak sang pemain melainkan juga citra klub seolah dipertaruhkan.

Mengapa klub sebesar Bayern Munchen sampai terancam ditinggalkan Robert Lewandowski, lalu isu Crstiano Ronaldo tentu menjadi preseden buruk untuk Manchester United.

Pemain yang ingin pergi, selalu ada hampir setiap musimnya. Perang dingin pun sampai terjadi antara pemain, klub, dan pihak ketiga yaitu klub yang diinginkan sang pemain.

Dalam sejarah transfer, kasus seperti Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo bukan kali pertama terjadi.

Berikut ini, Skor.id merangkum 10 pemain yang membuat kontroversi karena memaksa pergi:

1. Ronaldo Nazario (2002)

Ronaldo Nazario pernah menjadi perhatian besar ketika dirinya memaksa untuk bergabung ke Real Madrid.

Setelah empat musim bermain untuk Inter Milan dan setelah dirinya sukses membawa timnas Brasil juara Piala Dunia, Ronaldo ingin berpisah dengan Inter Milan.

Untuk membuat keinginannya itu terwujud, bintang berkepala plontos ini bahkan menolak untuk datang mengikuti latihan, kecuali manajemen Inter Milan mewujudkan keinginannya tersebut.

Ronaldo dan Real Madrid akhirnya memang berhasil mewujudkan rencana tersebut, namun proses transfer itu baru bisa terwujud di hari teransfer berakhir.

2. Dani Alves (2007)

Sejumlah pemain memang pernah menyatakan diri mereka untuk menolak melanjutkan karier meski masih punya kontrak di klubnya.

Namun, terkadang, pemain tersebut masih harus menunggu keinginan itu terwujud.

Keinginan Dani Alves ke Barcelona dari Sevilla salah satu contohnya. Bek kanan asal Brasil ini harus menunda keinginannya meninggalkan Sevilla. Dia harus menunggu semusim.

Presiden Sevilla saat itu, Jose Maria del Nido, menolak keinginan Dani Alves. Termasuk dua tawaran dari Chelsea dan Real Madrid.

Apalagi, ketika itu, Sevilla baru diguncang dengan kematian kapten Antonio Puerta karena serangan jantung.

Dani Alves kemudian menolak untuk bergabung dengan tim dalam laga ke Athena di kualifikasi Liga Champions.

Namun, akhirnya pada musim panas 2008, Dani Alves berhasil pergi dan menandantangani kontrak dengan Barcelona.

3. Sergio Aguero (2011)

Sergio Aguero juga pernah membuat "ramai" bursa transfer ketika dirinya terang-terangan menyatakan tidak akan mengikuti latihan pramusim Atletico Madrid, pada 2011 silam itu.

Atletico Madrid ketika itu akan melakukan sejumlah tur sebagai bagian dari persiapan menyongsong musim baru.

Namun, Sergio Aguero tidak datang di sesi latihan. Keputusannya sebagai bentuk pemberontakan agar klub menjualnya ke Manchester City.

"Saya tidak akan kembali ke Atlético Madrid, apa yang saya katakan sudah jelas. Saya perlu perubahan," kata Sergio Aguero ketika itu kepada ESPN. Dan, akhirnya, keinginannya pun terwujud.

4. Luka Modric (2012)

Tottenham Hotspur saat itu berada di bawah kepelatihan Andre Villas-Boas. Tottenham mengagendakan tur pramusim ke Amerika Serikat.

Namun, Luka Modric menyatakan tidak akan ikut dalam pramusim tersebut.

Gelandang asal Kroasia tersebut telah membuat keputusan untuk meninggalkan Tottenham Hotspur dan bergabung ke Real Madrid.

Sikap Luka Modric ini pun membuat manajemen Tottenham geram.

Luka Modric kemudian melewatkan dua hari sesi latihan Tottenham Hotspur dan menolak ikut pergi dengan tim.

Atas aksinya itu, Tottenham Hotspur ketika itu kemudian menjatuhkan denda kepada Luka Modric sebesar 80 ribu pounds.

5. Gareth Bale (2013)

"Strategi" Luka Modric pun kemudian ditiru oleh rekannya, Gareth Bale. Hanya setahun kemudian, Tottenham Hotspur kembali mengalami situasi serupa. Tujuan klubnya pun sama, Real Madrid.

Gareth Bale kemudian menyatakan dirinya tidak akan aktif dalam latihan tim karena ingin bergabung dengan Real Madrid.

Gareth Bale, menurut Daily Mail, telah mendengar bahwa Tottenham menolak tawaran 93 juta pounds yang saat itu ditawarkan Real Madrid.

Kabar itu yang kemudian membuat Gareth Bale mengambil langkah menentang keputusan Tottenham Hotspur.

Dia kemudian menolak untuk bermain dalma laga pramusim di Hong Kong. Akhirnya, Gareth Bale kemudian berhasil mewujudkan keinginannya, bergabung ke Real Madrid.

6. Luis Suarez (2013)

Ilustrasi karikatur Luis Suarez
Ilustrasi karikatur Luis Suarez Karikatur: Abdul Rohim/Skor.id

Luis Suarez berhasil meninggalkan Liverpool, meski dirinya harus bersabar lebih dulu. Luis Suarez sudah menyatakan keinginannya untuk pergi meninggalkan Anfield sejak 2013.

Manajemen The Reds dan fans mengagumi Luis Suarez. Namun, mereka tidak dapat menerima sikap sang pemain yang tidak menghormati kontraknya.

Kabarnya, Liverpool memberikan syarat bahwa jika klub berhasil ke Liga Champions, Luis Suarez bisa pergi.

Faktanya, Luis Suarez dan tentu saja Liverpool berhasil meraih tiket Liga Champions setelah finis di posisi kedua klasemen akhir Liga Inggris 2013-2014.

Luis Suarez pun kemudian pergi meninggalkan Liverpool dan bergabung ke Barcelona.

7. Ousmane Dembele (2017)

Ilustrasi Ousmane Dembele.
Ilustrasi Ousmane Dembele. Lisa Azzahra/Skor.id

Ousmane Dembele dinilai ahli dalam memberikan tekanan kepada klubnya agar dirinya bisa pergi.

Ulah Ousmane Dembele yang ingin meninggalkan Borussia Dortmund pada tahun 2017 membuat pusing klub besar Bundesliga tersebut.

"Ousmane Dembele tidak berlatih hari ini. Kami tidak tahu di mana dia berada. Kai mencoba menemukannya, tetapi kami tidak bisa," kata pelatih Borussia Dortmund saat itu, Peter Bosz, Agustus 2017.

Prioritas Ousmane Dembele saat itu adalah ingin bermain dengan Barcelona dan dia ingin menunjukkan sikapnya itu kepada klub dengan mangkir latihan.

Ironisnya, situasi ini kini dialami Barcelona. Dan, Ousmane Dembele memang sering seperti ini. Ketika dirinya ingin ke Borussia Dortmund, dia pun melakukan hal yang sama kepada klub lamanya, Rennes.

8. Thibaut Courtois (2018)

Chelsea salah satu klub yang boleh jadi sering menjadi korban dari para pemain yang memberontak.

Setelah Diego Costa yang memaksa meminta pergi, kembali ke Atletico Madrid, pada 2018 giliran Thibaut Courtois.

Kiper asal Belgia ini memperlihatkan sikap menentang manajemen The Blues dengan tidak mengikuti latihan di Cobham setelah dirinya tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Thibaut Courtois ingin segera ke Real Madrid. Baginya, ini tawaran yang sangat sulit untuk dilewati. Namun, Chelsea tidak mengizinkan sang pemain.

Chelsea kemudian memberikan sanksi kepada sang pemain. Menurut Daily Mail ketika kasus itu terjadi, sanksi tersebut sebesar 200 ribu euro untuk perilaku yang dinilai tidak pantas.

9. Robert Lewandowski (2022)

Pada bursa transfer 2022 ini, Robert Lewandowski sudah memberikan pernyataan dengan sangat jelas sekali.

Dalam sebuah wawancara ketika dirinya bersama timnas Polandia, dia mengatakan "Saya tidak melihat lagi peluang untuk bermain di klub ini (Bayern Munchen)."

Penyerang ini juga menambahkan bahwa dirinya ingin tantangan baru. Robert Lewandowski ingin bergabung ke Barcelona pada musim panas ini.

Dia berharap Bayern Munchen melepaskan dirinya meski dia masih punya kontrak hingga Juni 2023.

Menurut Robert Lewandowski, itu akan memberikan keuntungan bagi Bayern Munchen dari sisi finansial ketimbang melepaskannya secara gratis. Bayern Munchen tidak mau melepas sang pemain.

Mereka bersikeras menyatakan bahwa Robert Lewandowski harus sudah mengikuti latihan pertama musim 2022-2023 ini tepat pada 12 Juni 2022 nanti.

10. Cristiano Ronaldo (2022)

Ilustrasi karikatur Cristiano Ronaldo.
Ilustrasi karikatur Cristiano Ronaldo. (Karikatur: Abdul Rohim/Skor.id)

Bursa transfer musim panas ini juga seru karena keinginan Cristiano Ronaldo yang ingin pergi meninggalkan Manchester United. Awalnya, tidak ada kabar terkait keinginan ini seiring Cristiano Ronaldo berlibur.

Namun, perlahan mulai tercium gelagat bahwa sang pemain memiliki niat untuk meninggalkan Tim Setan Merah.

Pers Eropa memanaskan isu tersebut, sedangkan tidak ada pernyataan dari Cristiano Ronaldo terkait hal ini.

Meski demikian, sejumlah pers mengabarkan bahwa agen Cristiano Ronaldo telah menemu sejumlah klub seperti Barcelona dan juga Chelsea.

Cristiano Ronaldo ingin pergi karena Manchester United tidak bermain di Liga Champions pada 2022-2023 ini.

Kabar selanjutnya, Cristiano Ronaldo, menurut sebuah sumber, tidak akan menghadiri sesi latihan Manchester United karena alasan keluarga.

Hingga akhirnya, isu tersebut berubah menjadi kebenaran ketika pers Inggris mengabarkan bahwa Manchester United menerima keinginan sang pemain untuk pergi.

Berita Bola Internasional Lainnya:

VIDEO: Alfred Schreuder, Pelatih Anyar Ajax Amsterdam Pengganti Erik ten Hag

Statistik Debut Pratama Arhan saat menghadapi Tochigi SC

 

  • Sumber: as.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Liga Italia

    Jumat, 1 Juli 2022

    Skor 10: Duet Striker Tertajam di Inter Milan, Ada Romelu Lukaku

    Berikut ini adalah daftar 10 duet striker tertajam yang diketahui pernah membela Inter Milan, termasuk Romelu Lukaku.

    Liga Spanyol

    Minggu, 3 Juli 2022

    Joan Laporta Mengaku Tersanjung Robert Lewandowski Ingin ke Barcelona

    Presiden Joan Laporta enggan terlibat dalam perang dingin antara Lewandowski dan Bayern.

    Bola Internasional

    Selasa, 5 Juli 2022

    Skor 10: Transfer Pemain Argentina Termahal dalam Sejarah

    Berikut ini adalah 10 transfer pemain Argentina termahal dalam sejarah.

    Bola Internasional

    Rabu, 6 Juli 2022

    Bayern Munchen Hanya Terima Pembayaran Kontan jika Barcelona Ingin Beli Robert Lewandowski

    Bayern Munchen tampaknya sudah mulai melunak soal transfer Robert Lewandowski ke Barcelona, tapi ada syaratnya.

    Terbaru

    Dunia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Piala Dunia 2022: Jelang lawan Argentina, Louis van Gaal Ingatkan Permainan Menyerang Sudah Basi

    Pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal, menilai tentang jalannya pertandingan yang akan terjadi saat timnya lawan Argentina, dini hari nanti.

    Dunia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Piala Dunia 2022: Inggris vs Prancis, Patrice Evra Sebut Kedua Tim Sama Kuat

    Patrice Evra melihat Inggris dan Prancis sama-sama berpeluang menang ketika bertemu pada Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

    Dunia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Piala Dunia 2022: Portugal Bantah Kabar Cristiano Ronaldo Ancam Tinggalkan Tim

    FA Portugal membantah kabar ancaman Cristiano Ronaldo akan pergi dari skuad Piala Dunia 2022.

    Dunia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Eks Pelatih Akademi Barcelona Resmi Latih Filipina di Piala AFF 2022

    Filipina sudah mengumumkan pelatih anyar mereka di Piala AFF 2022 dan sang juru taktik pernah kerja untuk Barcelona.

    Dunia

    Kamis, 8 Desember 2022

    5 Pemain Spanyol dengan Menit Bermain Terbanyak di Bawah Asuhan Luis Enrique

    Berikut ini adalah lima pemain yang paling sering dimainkan oleh Luis Enrique selama menangani timnas Spanyol.

    Dunia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Luis de la Fuente, Pelatih Baru Timnas Spanyol yang Bawa Tim Matador Juara Eropa U-19 dan U-21

    Berikut ini profil pelatih baru timnas Spanyol, Luis de la Fuente yang menggantikan posisi Luis Enrique setelah Tim Matador gagal di Piala Dunia 2022.

    Dunia

    Kamis, 8 Desember 2022

    India Mundur dari Pencalonan Tuan Rumah Piala Asia 2027

    Salah satu calon peserta pemilihan Piala Asia 2027 yaitu India resmi mundur

    Dunia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Luis de la Fuente, Pelatih yang Kenal Dekat Skuad Muda Spanyol Saat Ini

    Luis de la Fuente ditunjuk menggantikan Luis Enrique di kursi pelatih Spanyol, dan mengenal sebagian besar pemain La Roja.

    Liga Inggris

    Kamis, 8 Desember 2022

    VIDEO: Libur Kompetisi karena Piala Dunia 2022, Arsenal Jalani Latihan di Dubai

    Arsenal mengadakan pemusatan latihan di Dubai lantaran kompetisi sedang libur karena perhelatan Piala Dunia 2022.

    Dunia

    Kamis, 8 Desember 2022

    Luis Enrique Mundur dari Timnas Spanyol, Luis de la Fuente Jadi Pengganti

    Luis de la Fuente resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas Spanyol usai mundurnya Luis Enrique.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X