POLLING: Siapa 5 Pemain Indonesia yang Layak Main di J.League?

19 Februari 2021, 16:20 WIB
Penulis: Thoriq Az Zuhri
Editor: Thoriq Az Zuhri
Polling lima pemain Indonesia yang layak bermain di J.League.
Polling lima pemain Indonesia yang layak bermain di J.League. /(Grafis: Andreas Joevi/Skor.id)

  • Skor.id memilih 15 pemain yang kiranya layak untuk bermain di J.League.
  • Jumlah pemain itu nantinya akan diciutkan menjadi lima pemain yang kemungkinan bisa saja difasilitasi oleh J.League untuk berkiprah di Meiji Yasuda J1 League atau Meiji Yasuda J2 League.
  • Para pembaca Skor.id pun bisa memilih pemain favorit mereka dalam polling yang tersedia di artikel ini.

SKOR.id - Tak bisa dimungkiri J.League menjadi salah satu kompetisi terbaik di Asia saat ini. Bahkan, para pemain jebolan Meiji Yasuda J1 League, kompetisi kasta tertinggi di Jepang, sudah banyak yang kini bermain di Eropa.

Tak jarang, banyak pemandu bakat berburu pemain potensial dari Asia dengan melihat Meiji Yasuda J1 League.

Itu juga yang membuat para pemain Indonesia kerap memimpikan untuk bisa bermain di J. League, baik itu untuk level tertinggi maupun cuma sekadar membela klub di kompetisi kasta kedua atau yang kini disebut Meiji Yasuda J2 League.

Musim lalu, Skor.id sebagai partner resmi J.League melakukan polling soal pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jepang. Dari 25 nama kemudian terpilih 15 nama teratas yang sekarang akan dijaring kembali menjadi lima besar.

Kalian bisa memilih pemain yang menurut kalian paling layak lewat polling di akhir artikel ini.

 

Berikut ini ada 15 nama pemain berusia 18 sampai 25 tahun asal Indonesia yang mungkin paling layak bermain di J.League:

  1. ­Ryuji Utomo (Persija/Penang FC)

Bek Persija, Ryuji Utomo, beraksi dalam pertandingan Liga 1 2020 melawan Borneo FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 1 Maret 2020.
Bek Persija, Ryuji Utomo, beraksi dalam pertandingan Liga 1 2020 melawan Borneo FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 1 Maret 2020. (Ady Sesotya/Skor.id)

Ryuji Utomo adalah salah satu pemain Indonesia yang punya pengalaman membela klub di luar negeri.

Ia pernah terpilih masuk dalam tim SAD Indonesia yang berlatih di Uruguay pada periode 2011-2012. Kemudian, pernah memperkuat klub Bahrain, Al Najma, serta berkiprah di kompetisi Liga Thailand bersama PTT Rayong.

Saat ini, Ryuji sedang menjalani masa peminjaman di klub Malaysia, Penang FC, dari Persija Jakarta.

Ryuji bisa dibilang salah satu pemain yang begitu fokus dalam menjaga standar fisiknya. Sikap disiplin seperti itu sangat dibutuhkan untuk para pemain yang ingin berkiprah di J.League.

Dengan berbagai pengalamannya di level internasional, pemain yang bisa bermain di berbagai posisi pertahanan ini sepertinya layak untuk dilirik salah satu klub Meiji Yasuda J1 League.

  1. Yanto Basna (PT Prachuap FC)

Bek asing PT Prachuap FC asal Indonesia, Yanto Basna saat berlatih di Stadion Sam Ao sebelum menjamu Chonburi FC pada laga Liga Thailand 1 2020, 18 September 2020.
Bek asing PT Prachuap FC asal Indonesia, Yanto Basna saat berlatih di Stadion Sam Ao sebelum menjamu Chonburi FC pada laga Liga Thailand 1 2020, 18 September 2020. Facebook.com/PrachuapFc2011/photos

Pemain asal Papua ini sudah tiga tahun terakhir bermain di Liga Thailand. Mulai dari Khon Kaen FC (2018), Sukhothai FC (2019), serta memperkuat PT Prachuap FC di kompetisi tertinggi Thailand musim ini.

Ia pun mengakui memiliki hasrat untuk bisa berkompetisi di J.League. Berstatus sebagai bek timnas Indonesia dan pengalamannya di Thailand, Yanto Basna sepertinya layak untuk memperkuat klub Meiji Yasuda J1 League.

Apalagi bersama PT Prachuap ia saat ini menjadi salah satu pilihan utama di posisi bek tengah PT Prachuap.

  1. Amiruddin Bagus Kahfi (FC Utrecht)

Pemain muda Indonesia, Bagus Kahfi, berpose bersama kostum FC Utrecht yang telah ditandatanganinya, Jumat (5/2/2021).
Pemain muda Indonesia, Bagus Kahfi, berpose bersama kostum FC Utrecht yang telah ditandatanganinya, Jumat (5/2/2021). DOK FC Utrecht

Bagus baru saja bergabung ke klub Liga Belanda, FC Utrecht, dari Barito Putera. Pemuda asli Magelang ini adalah tipe penyerang haus gol dan usianya masih muda.

Pada umur 18 tahun, Bagus Kahfi kini sedang mencoba untuk main di luar Indonesia. Selain Eredivisie, Meiji Yasuda J1 League adalah tujuan yang masuk akal.

Kemampuan pemain timnas U-19 Indonesia era Fakhri Husaini tersebut akan makin matang di Negeri Sakura yang sering memaksimalkan bakat pemain muda.

  1. Evan Dimas (Persija)

Evan Dimas saat membela Persija kontra Borneo FC pada laga perdana Liga 1 2020, Maret 2020.
Evan Dimas saat membela Persija kontra Borneo FC pada laga perdana Liga 1 2020, Maret 2020. (Ady Sesotya/Skor.id)

Ketika namanya mencuat saat membawa timnas U-19 Indonesia juara di Piala AFF U-19 2013, Evan Dimas langsung dikait-kaitkan dengan berbagai klub di Eropa.

Ia sempat diperebutkan oleh Chonburi FC (Thailand) dan Selangor FA (Malaysia), tetapi pada akhirnya, ia lebih memilih memperkuat Selangor FA pada 2018.

Evan sempat mengutarakan hasratnya untuk bermain di Jepang, dan ia ingin lebih dulu berkiprah di Thailand agar bisa dilirik oleh klub-klub Negeri Matahari Terbit. Karena tak jarang para pemain dari Liga Thailand direkrut oleh klub-klub Jepang.

Namun bukan tidak mungkin, gelandang Persija Jakarta itu bisa direkrut langsung klub Meiji Yasuda J1 League.

  1. Saddil Ramdani (Sabah FC)

Saddil Ramdani pada Sea Games 2017 Kuala Lumpur
Saddil Ramdani pada Sea Games 2017 Kuala Lumpur Jessica Margaretha/Skor.id

Saddil Ramdani adalah pemain yang punya kelebihan dalam kecepatan, serta memiliki tendangan jarak jauh yang cukup mematikan.

Ia bahkan pernah dalam waktu beruntun memperkuat timnas U-19, U-22, serta senior. Itu menunjukkan kualitasnya layak untuk berkiprah di klub luar negeri.

Pada musim lalu, ia sempat memperkuat klub Malaysia, Pahang FA. Tak salah jika ia mulai membuka peluang untuk berkiprah di Liga Jepang. Pemain Sabah FC itu juga dirumorkan sudah diminati beberapa klub Eropa.

  1. Febri Hariyadi (Persib)

Febri Hariyadi pada Sea Games 2017 Kuala Lumpur
Febri Hariyadi pada Sea Games 2017 Kuala Lumpur Jessica Margaretha/skor.id

Pemain sayap Persib ini punya permainan yang tak kenal lelah ketika di atas lapangan. Kecepatannya kerap merepotkan lini pertahanan lawan.

Selain itu, ia juga punya tendangan keras dari luar kotak penalti yang kerap menjadi gol untuk membantu timnya memenangkan pertandingan.

Kemampuan yang dimiliki Bow, sapaan akrab Febri Hariyadi, bisa bersaing untuk mendapatkan tempat di tim utama klub Meiji Yasuda J.League.

  1. Osvaldo Haay (Persija)

Osvaldo Haay saat membela Indonesia U-23 pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur.
Osvaldo Haay saat membela Indonesia U-23 pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur. (Jessica Margaretha/Skor.id)

Osvaldo adalah top skor SEA Games 2019. Padahal, ia tadinya merupakan pemain sayap dan diubah sedikit posisinya sebagai penyerang utama pada ajang tersebut oleh pelatih Indra Sjafri.

Hasilnya, ia menjadi salah satu pemain yang paling diperebutkan menjelang musim 2020. Hingga akhirnya, ia memilih untuk berlabuh di Persija Jakarta.

Sebelumnya, ia juga sempat mengikuti trial di klub Spanyol, CD Numancia, pada 2019. Kecepatan dan ketajaman di depan gawang lawan bisa menjadi salah satu penilaian tersendiri bagi klub-klub Meiji Yasuda J1 League untuk merekrut pemain asal Papua ini.

  1. Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica)

Bek sayap timnas U-19 Indonesia, Pratama Arhan Alif (kiri), melakukan selebrasi gol bersama Witan Sulaeman, dalam pertandingan uji coba di Kroasia pada Oktober 2020.
Bek sayap timnas U-19 Indonesia, Pratama Arhan Alif (kiri), melakukan selebrasi gol bersama Witan Sulaeman, dalam pertandingan uji coba di Kroasia pada Oktober 2020. (Media PSSI)

Witan Sulaeman menjadi salah satu pemain yang sulit tergantikan posisinya di timnas U-19 Indonesia saat ini. Setidaknya, itu yang terlihat dalam banyak uji coba timnas U-19 di Kroasia, beberapa waktu lalu.

Witan saat ini berstatus sebagai pemain FK Radnik Surdulica. Potensi yang dimiliki Witan membuatnya layak untuk bermain di Meiji Yasuda J1 League.

Punya kecepatan di sisi sayap, ia juga bisa menjadi pemecah kebuntuan tim.

  1. Amiruddin Bagas Kaffa (Barito Putera)

Bagas Kaffa (kiri) dalam gim internal timnas U-19 Indonesia, Oktober 2020.
Bagas Kaffa (kiri) dalam gim internal timnas U-19 Indonesia, Oktober 2020. (Media PSSI)

Bagas Kaffa menjadi salah satu pemain yang cukup berprestasi di level timnas usia muda. Ia pernah membawa timnas U-16 juara Piala AFF U-16 2018.

Kini, ia pun sering menjadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong di timnas U-19 Indonesia. Setidaknya dalam beberapa uji coba di Kroasia, beberapa waktu lalu.

Sebagai bek sayap, akselerasinya kerap diakhiri dengan mencetak gol maupun menjadi pengumpan yang andal untuk bisa diteruskan rekan setimnya menjadi gol.

Mengikuti program Garuda Select jilid I dan II, bisa menjadi bekalnya berkiprah di klub luar negeri seperti Jepang.

  1. Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk)

Egy Maulana Vikri berpose dalam sebuah sesi pemotretan dengan Skor.id pada Januri 2020, saat sedang menjalani libur kompetisi.
Egy Maulana Vikri berpose dalam sebuah sesi pemotretan dengan Skor.id pada Januri 2020, saat sedang menjalani libur kompetisi. Ady Sesotya/Skor.id

Egy Maulana Vikri menjadi salah satu pemain muda Indonesia yang berkiprah di klub luar negeri. Egy yang memiliki kelebihan di kaki kirinya pun bisa dimainkan sebagai seorang winger maupun penyerang lubang.

Kini, ia berstatus sebagai pemain klub Polandia, Lechia Gdansk. Meski masih belum begitu banyak mendapatkan kesempatan bermain di tim utama, namun secara perlahan ia mulai mendapatkan kepercayaan dari pelatih Lechia Gdansk.

Pindah ke Meiji Yasuda J1 League bisa menjadi opsi, untuk lebih menambah jam terbangnya di klub luar negeri. Siapa tahu, ia bisa dilirik klub besar Eropa lainnya jika bisa menunjukkan performa apik di J.League.

  1. Asnawi Mangkualam Bahar (Ansaan Greeners)

Asnawi Mangkualam saat menjalani sesi wawancara bersama media lokal Korea Selatan, Rabu (17/2/2021).
Asnawi Mangkualam saat menjalani sesi wawancara bersama media lokal Korea Selatan, Rabu (17/2/2021).

Asnawi Mangkualam Bahar pernah disebut pelatih Indra Sjafri adalah bek kanan terbaik untuk usianya saat masih memperkuat timnas U-22 Indonesia di Piala AFF U-22 2019 dan SEA Games 2019.

Asnawi yang kini berstatus sebagai pemain klub Korea Selatan, Ansaan Greeners. Artinya, Bermain di Meiji Yasuda J1 League bukan sebuah hal yang mustahil bagi pemain asal Makassar itu.

Sempat berposisi sebagai gelandang bertahan, permainannya semakin berkembang ketika bermain sebagai bek kanan.

Tidak hanya kuat dalam bertahan, ia juga mampu merepotkan barisan pertahanan lawan lewat akelerasinya di sisi sayap.

  1. Todd Rivaldo Ferre (Persipura/Lampang FC)

Pemain asal Indonesia, Todd Rivaldo Ferre (hijau), saat membela Lampang FC pada laga lanjutan Thai League 2 menjamu Siam Navy, 10 Februari 2021.
Pemain asal Indonesia, Todd Rivaldo Ferre (hijau), saat membela Lampang FC pada laga lanjutan Thai League 2 menjamu Siam Navy, 10 Februari 2021. Media Lampang FC

Todd adalah salah satu pemain muda potensial yang dimiliki Persipura Jayapura. Kualitas yang dimilikinya membuatnya pernah meraih penghargaan individu.

Pertama, ia pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga 1 U-19 2017, kemudian Todd Rivaldo Ferre terpilih sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2019.

Kini, Todd Rovaldo Ferre sedang mencoba peruntungan di Liga Thailand dengan memperkuat Lampang FC.

  1. Beckham Putra Nugraha (Persib)

Beckham Putra Nugraha saat membela timnas U-19 Indonesia dalam ajang Pra Piala Asia U-2020 di Stadion Madya, Senayan, pada September 2019.
Beckham Putra Nugraha saat membela timnas U-19 Indonesia dalam ajang Pra Piala Asia U-2020 di Stadion Madya, Senayan, pada September 2019. (Ady Sesotya/Skor.id)

Beckham Putra Nugraha mampu menembus tim utama Persib Bandung di usia yang masih sangat muda. Itu tidak terlepas dari kualitas yang dimiliki adik kandung dari Gian Zola Nugraha tersebut.

Bermain sebagai seorang gelandang, ia bisa menjadi penyuplai bola yang baik untuk rekannya di lini depan. Bahkan, tak jarang penetrasi yang dilakukannya dari sisi tengah membuat pemain bertahan lawan harus menghentikan pergerakannya dengan keras.

Beckham yang kini menjadi salah satu anggota timnas U-19 Indonesia layak dicoba klub-klub di Meiji Yasuda J1 League maupun Meiji Yasuda J2 League.

  1. Pratama Arhan (PSIS)

Aksi Pratama Arhan bersama timnas U-19 Indonesia saat coba mengambil bola menghadapi timnas U-19 Qatar di Stadion Velika Gorica, Zagreb, Kroasia, 20 September 2020.
Aksi Pratama Arhan bersama timnas U-19 Indonesia saat coba mengambil bola menghadapi timnas U-19 Qatar di Stadion Velika Gorica, Zagreb, Kroasia, 20 September 2020. Media PSSI

Nama Pratama Arhan makin mencuat saat performanya menjadi salah satu yang menonjol bersama timnas U-19 Indonesia dalam banyak uji coba di Kroasia, beberapa waktu lalu.

Bermain di posisi bek kiri, Arhan bisa dibilang menjadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong. Bukan hanya kuat dalam bertahan, ia juga kerap rajin membantu penyerangan.

Keistimewaannya yang paling terlihat, adalah lemparan ke dalamnya yang cukup jauh hingga kerap menjadi assist untuk rekan setimnya dalam mencetak gol.

Paling tidak, ia bisa saja bermain di klub Meiji Yasuda J2 League lebih dulu untuk memberikan pembuktian. Sehingga tidak menutup kemungkinan ia bisa dilirik untuk direkrut klub Meiji Yasuda J1 League.

  1. David Maulana (Barito Putera)

David Maulana saat membela timnas U-19 Indonesia dalam Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada September 2019.
David Maulana saat membela timnas U-19 Indonesia dalam Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada September 2019. (Jessica Margaretha/Skor.id)

David Maulana adalah kapten timnas U-19 Indonesia saat ini. Punya jiwa kepemimpinan yang baik menjadi salah satu kelebihannya.

Bermain sebagai gelandang bertahan, David dikenal punya visi bermain yang baik di atas lapangan. Pemain Barito Putera itu pun dikabarkan sudah dilirik klub Eropa saat ikut berlatih di tim Garuda Select jilid I dan II.

Jepang bisa menjadi opsi David Maulana jika ingin merintis lebih dulu guna mematangkan potensinya lagi sebelum berkiprah di klub Eropa.

 

Menurut kalian, siapa saja pemain yang paling layak berlaga di J.League? Tentukan pilihan kalian melalui polling di bawah ini:

 

 

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita J.League Lainnya:

Sejarah Pemain Indonesia yang Pernah Bermain di J.League, dari Ricky Yacobi sampai Irfan Bachdim

Profil Lengkap Semua Klub Meiji Yasuda J1 League 2021

Tag

Video

Berita Terkait

Bola Internasional

Kamis, 18 Februari 2021

Profil Klub Meiji Yasuda J1 League 2021: Oita Trinita

Berikut ini adalah profil klub Meiji Yasuda J1 League 2021, Oita Trinita.

Bola Internasional

Kamis, 18 Februari 2021

Profil Klub Meiji Yasuda J1 League 2021: Nagoya Grampus

Berikut ini adalah profil klub Meiji Yasuda J1 League 2021, Nagoya Grampus.

Bola Internasional

Jumat, 19 Februari 2021

Profil Klub Meiji Yasuda J1 League 2021: Sagan Tosu

Berikut ini adalah profil klub Meiji Yasuda J1 League 2021, Sagan Tosu.

Terbaru

Bola Internasional

Jumat, 19 Agustus 2022

Vissel Kobe Menang atas Yokohama F. Marinos, Kyogo Furuhashi Turut Senang

Vissel Kobe mengalahkan sesama wakil Jepang, Yokohama F. Marinos 3-2 dalam babak 16 besar Liga Champions Asia.

Liga Inggris

Jumat, 19 Agustus 2022

Casemiro Bakal Masuk Pemain Bergaji Tertinggi di Manchester United

Casemiro akan menjadi salah satu pemain Manchester United dengan penghasilan tertinggi .

Liga Spanyol

Jumat, 19 Agustus 2022

Karim Benzema Difavoritkan Raih Ballon d’Or 2022

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema difavoritkan memenangkan penghargaan ini.

Liga Inggris

Jumat, 19 Agustus 2022

Manchester United dan Real Madrid Capai Kesepakatan Transfer Casemiro

Gelandang asal Brasil ini telah memenangkan lima gelar Liga Champions selama sembilan tahun di Real Madrid.

Bola Internasional

Jumat, 19 Agustus 2022

Jawaban Gonzalo Higuain Ketika Ditanya soal Peluang Lionel Messi Gabung Inter Miami

Mantan rekan setim La Pulga di Timnas Argentina, Gonzalo Higuain berbicara soal peluang Messi ke Inter Miami.

Bola Internasional

Jumat, 19 Agustus 2022

Jadwal Siaran Langsung J.League di Indonesia Pekan Ini

Berikut ini adalah jadwal siaran langsung Meiji Yasuda J.League pekan ini di Indonesia, termasuk laga Tokyo Verdy.

Bola Internasional

Jumat, 19 Agustus 2022

Meiji Yasuda J1 League 2022: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Meiji Yasuda J1 League 2022 alias Liga Jepang musim ini kembali bergulir. Simak jadwal, hasil, klasemen, dan profil timnya di sini!

Bola Internasional

Jumat, 19 Agustus 2022

J2 League 2022: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Meiji Yasuda J2 League 2022 alias kasta kedua Liga Jepang musim ini kembali bergulir. Simak jadwal, hasil, dan klasemen lengkap di sini!

Liga Inggris

Kamis, 18 Agustus 2022

Butuh Penyerang, Chelsea Bertemu Agen Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang pernah sukses saat bersama Thomas Tuchel saat di Borussia Dortmund.

Bola Internasional

Kamis, 18 Agustus 2022

Terancam Degradasi, Gamba Osaka Lakukan Pergantian Pelatih

Gamba Osaka berada di urutan 17 klasemen sementara, dengan ancaman degradasi otomatis ke J2 League.

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X