Lionel Messi Genap 35 Tahun: Bagaimana Maradona, Pelé, dan Legenda Sepak Bola Lain di Usia yang Sama?

27 Juni 2022, 09:42 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Para penggemar sepak bola Argentina berebut mendapatkan tanda tangan dan foto bersama Lionel Messi.
Para penggemar sepak bola Argentina berebut mendapatkan tanda tangan dan foto bersama Lionel Messi. /Twitter @WeAreMessi

  • Lionel Messi, kapten timnas Argentina, berulang tahun ke-35 pada 24 Juni.
  • Tantangan terbesarnya sekarang adalah memenangkan Piala Dunia 2022 di Qatar bersama La Albiceleste.
  • Berikut ini komparasi bintang PSG ini dengan pesepakbola legendaris lainnya ketika berusia 35 tahun.

SKOR.idLionel Messi genap berusia 35 tahun pada hari Jumat lalu, 24 Juni 2022.

Waktu begitu cepat berlalu, tetapi pemain No.10 tim nasional Argentina itu sudah mendekati usia 40 tahun namun pada saat yang sama terus menunjukkan dirinya sebagai salah satu pesepakbola terbaik di dunia.

Keabsahan bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu saat ini luar biasa: Messi telah berada di kelompok atlet terbaik di dunia selama hampir 15 tahun berturut-turut.

Meski permainannya telah berubah dibandingkan 'ledakan' yang dia tunjukkan satu dekade lalu, dalam performa terbaiknya saat dia mencetak 91 gol pada 2012, ia masih mampu membuat perbedaan melawan rival mana pun.

Namun, masih ada tantangan yang sangat besar dalam karier pesepakbola asal Rosario itu: memenangkan Piala Dunia bersama Argentina.

Qatar 2022 tinggal beberapa bulan lagi dan La Albiceleste, yang dipimpin oleh Messi, akan dihadirkan sebagai salah satu tim kandidat untuk juara, terutama karena apa artinya memiliki Messi di dalam tim. Lebih dari usianya, kualitas sang megabintang juga penting.

Bagaimana dengan prestasi legenda sepak bola dunia lainnya pada usia 35 tahun?

Pele
Pesepakbola Brasil terbaik sepanjang masa ini berusia 35 tahun pada Oktober 1975. Saat itu dia telah pensiun dari aktivitas bersama timnas Brasil selama lebih dari empat tahun dan bermain di Amerika Serikat dengan New York Cosmos yang melegenda.

Garrincha, Vava, dan Pele trio timnas Bras il.
Garrincha, Vava, dan Pele trio timnas Bras il. (Twitter Thomas Shelby)

Sepanjang musim 1976, Pelé mencetak 15 gol dalam 24 pertandingan resmi untuk tim New York itu dan terpilih sebagai pemain terbaik di liga Amerika, meskipun timnya akhirnya tersingkir di perempat final. Pelé pensiun dua tahun kemudian, pada Oktober 1977.

Diego Armando Maradona
Sang legenda Argentina ini genap berusia 35 tahun pada 30 Oktober 1995, beberapa minggu setelah resmi kembali ke Boca Juniors. 'El Diez' memainkan 24 pertandingan pada musim 1995-1996 bersama Xeneizes, mencetak lima gol dan delapan assist, meskipun dia gagal meloloskan Boca untuk kejuaraan Argentina yang dimenangkan Vélez.

Diego Maradona saat mencetak gol dengan menggunakan tangannya pada Piala Dunia 1986.
Diego Maradona saat mencetak gol dengan menggunakan tangannya pada Piala Dunia 1986. (Twitter/80 Football)

Maradona, sudah keluar dari timnas Argentina setelah doping di Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, mengumumkan pada Agustus 1996 bahwa dia meninggalkan Boca menyusul kekalahan melawan Estudiantes de La Plata dan pergi ke Swiss untuk masuk ke klinik rehabilitasi. Ia kembali bermain sepak bola secara resmi pada pertengahan 1997, beberapa bulan sebelum pensiun.

Cristiano Ronaldo
Pesepakbola hebat lainnya dalam 10 tahun terakhir, berusia 35 tahun pada 5 Februari 2020. Megabintang Portugal ini lalu bergabung dengan Juventus di Turin, pada tahun di mana ia memenangkan Serie A dan Piala Super Italia, meskipun ia tidak mampu bermain sebanyak 35 tahun karena pandemi yang membuat dunia sepak bola terhenti.

Cristiano Ronaldo Minta Portugal Tak Anggap Remeh Makedonia Utara
Cristiano Ronaldo Minta Portugal Tak Anggap Remeh Makedonia Utara (Grafis: Dede S Mauladi/Skor.id)

Ronaldo terpilih sebagai pesepakbola terbaik Serie A pada musim 2019/20 dan menjadi top skorer pada musim 2020/21: ia mencetak 40 gol dalam 48 pertandingan pada usia 35, termasuk tiga gol untuk timnas Portugal dan empat gol di Liga Champions, dengan dua gol melawan Barcelona di babak penyisihan grup.

Johan Cruyff
Pesepakbola Belanda ini berusia 35 tahun pada 25 April 1982. Pensiun dari timnas Belanda, Cruyff kemudian bermain di Eredivisie untuk Ajax Amsterdam, kembali ketika kariernya seakan sudah selesai.

Johan Cruyff semasa aktif bermain dengan timnas Belanda pada Piala Dunia 1974.
Johan Cruyff semasa aktif bermain dengan timnas Belanda pada Piala Dunia 1974. (Twitter Holland74)

Namun, Cruyff memenangkan liga dan piala Belanda di musim 1982/83, menyumbangkan sembilan gol dalam 30 pertandingan. Di akhir musim itu, Ajax memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dan Cruyff pensiun di Feyenoord pada 1983/84, sebagai juara liga dan Piala Belanda: ia dianugerahi sebagai pesepakbola terbaik Belanda musim itu.

Alfredo Di Stefano
Legenda Real Madrid ini, berusia 35 tahun pada 4 Juli 1961, saat ia mempersiapkan musim kesembilannya bersama Los Blancos. La Saeta Rubia mencetak 22 gol dalam 41 pertandingan resmi pada usia itu: memenangkan LaLiga dan Copa del Rey (dulunya Copa del Generalísimo) bersama Real Madrid, yang kalah di final Piala Champions (sekarang Liga Champions) lawan Benfica dalam turnamen di mana Di Stéfano berada salah satu pencetak gol terbanyak dengan tujuh gol.

Legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano.
Legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano. twitter.com/realmadriden

Di Stéfano bermain di Piala Dunia 1962 di Cile pada usia 35, Piala Dunia satu-satunya, tetapi tidak dapat bermain karena cedera.

Franz Beckenbauer
"Der Kaiser", Franz Beckenbauer genap 35 tahun pada 11 September 1980, ketika memulai musim pertamanya di Hamburg S.V. sekembalinya ke Jerman setelah tiga tahun bermain di Amerika Serikat.

Franz Beckenbauer ketika masih aktif bermain bersama timnas Jerman Barat.
Franz Beckenbauer ketika masih aktif bermain bersama timnas Jerman Barat. (Twitter Ojeando Futbol)

Pesepakbola Jerman ini meraih Golden Ball pada tahun 1972 dan 1976 setelah memainkan 20 pertandingan pada musim 1980/81 dan 18 pertandingan pada kampanye 1981/82 di mana Hamburg memenangkan Bundesliga, tanpa banyak aktivitas dari Franz, yang pensiun pada 1983 di Cosmos New York.

Pensiunan
Legenda sepak bola lainnya seperti Ronaldo Nazario, Michel Platini, Marco Van Basten dan Zinédine Zidane juga pensiun dari sepak bola profesional pada saat ulang tahun ke-35.

Satu-satunya pemain yang memenangkan Ballon d'Or setelah berusia 35 tahun
Hanya satu pesepakbola yang memenangkan Ballon d'Or setelah ulang tahun ke-35: pemain Inggris, Stanley Matthews, yang melakukannya pada usia 41 tahun 1956 dengan mengalahkan Di Stéfano dan Raymond Kopa.

Matthews, pemenang pertama dari penghargaan itu, kemudian diakui sebagai pesepakbola terbaik Eropa, adalah kunci bagi Blackpool ketika finis runner-up di Liga Inggris musim 1955/56. Dia pensiun dari sepak bola profesional pada tahun 1965, ketika berusia 50 tahun.

Bintang yang memenangkan Piala Dunia di usia 35 tahun atau lebih
Hanya tujuh pemain yang memenangkan Piala Dunia setelah ulang tahun mereka yang ke-35, dan lima di antaranya berposisi sebagai penjaga gawang.

Miroslav Klose (tengah) saat diumumkan jadi pelatih Bayern Munchen U-17.
Miroslav Klose (tengah) saat diumumkan jadi pelatih Bayern Munchen U-17. Bayern Munchen

Miroslav Klose, striker Jerman bersejarah yang memainkan lima pertandingan di Piala Dunia 2014 di Brasil -termasuk final- dan mencetak dua gol, menjadi juara dunia pada usia 36, ​​sementara pemain sayap Brasil, Nilton Santos berpartisipasi pada usia 37 di Piala Dunia Cile 1962 dan bertindak sebagai starter dalam enam laga yang membawa Brasil sebagai juara.

Penjaga gawang Toni Turek (debut dengan timnas Jerman di Swiss 1954), Dino Zoff (dengan timnas Italia di Spanyol 1982), Gilmar Rinaldi (pemain pengganti Brasil di AS 1994), Bernard Lama (pemain pengganti Prancis di Prancis 1998) dan Angelo Peruzzi (kiper pengganti Italia di Jerman 2006) juga juara dunia setelah usia 35 tahun.

Kapten timnas Italia di Piala Dunia 1982, Dino Zoff, merayakan gelar setelah mengalahkan Jerman Barat di final.
Kapten timnas Italia di Piala Dunia 1982, Dino Zoff, merayakan gelar setelah mengalahkan Jerman Barat di final. (Twitter/World Cup)

Pada gilirannya, dalam sejarahnya hanya 18 pesepakbola yang berhasil mencetak gol di Piala Dunia setelah berusia 35 tahun.***

Baca Juga Berita Bola Internasional Lainnya:

Rayakan HUT Ke-35, Lionel Messi Meneguhkan Tekad bersama Skuat Timnas Argentina

VIDEO: Legenda Brasil Sebut Negaranya 100 Persen Berpeluang Juara Piala Dunia

Mario Gotze, Penghancur Impian Lionel Messi di Piala Dunia, Kembali ke Jerman

  • Sumber: sportingnews.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Dunia

    Minggu, 26 Juni 2022

    Daftar Negara yang Sudah Lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

    Berikut ini adalah negara-negara yang sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia U-23 2023.

    Dunia

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Profil Tim Grup F Piala Dunia 2022: Belgia

    Berikut adalah profil kontestan Piala Dunia 2022, Belgia.

    Dunia

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Profil Tim Grup F Piala Dunia: Kanada

    Ini akan menjadi penampilan perdana Kanada di Piala Dunia setelah 36 tahun, dan kedua sepanjang sejarah.

    Dunia

    Minggu, 26 Juni 2022

    Profil Tim Grup F Piala Dunia: Maroko

    Ini menjadi partisipasi keenam Maroko di Piala Dunia setelah debut pada 1970.

    Terbaru

    Dunia

    Sabtu, 24 September 2022

    FIFA Matchday: Singapura Ditahan India, Laos Dibungkam Maladewa

    Singapura mengimbangi permainan India dan Laos kalah dari Maladewa dalam laga FIFA Matchday.

    Dunia

    Sabtu, 24 September 2022

    VIDEO: Gonzalo Higuain Kunjungi Latihan Timnas Argentina

    Gonzalo Higuain mengunjungi tempat latihan tim nasional (timnas) Argentina yang sedang bersiap menjalani laga Internasional.

    Liga Inggris

    Sabtu, 24 September 2022

    Chelsea Incar Monchi sebagai Direktur Olahraga

    Chelsea FC masih terus mencari sosok untuk mengisi posisi Direktur Olahraga. Satu nama baru muncul sebagai incaran baru The Blues, yakni Monchi Rodriguez.

    Bola Internasional

    Sabtu, 24 September 2022

    Seret Gol di Skotlandia, Eks Bintang Yokohama F. Marinos Bilang Begini

    Mantan penyerang Yokohama F. Marinos, Daizen Maeda bertekad untuk mengakhiri kekeringan golnya di Celtic FC.

    Liga Spanyol

    Sabtu, 24 September 2022

    Real Madrid Jadi Satu-satunya Tim di 5 Liga Top Eropa yang Memenangi Seluruh Pertandingan Sejauh ini

    Real Madrid menjadi satu-satunya tim yang berhasil memenangkan seluruh pertandingan sejauh ini.

    Dunia

    Sabtu, 24 September 2022

    Head to Head Belanda vs Belgia: Oranje Unggul dalam Jumlah Kemenangan

    Belanda akan menghadapi Belgia di Amsterdam ArenA dalam lanjutan pertandingan di fase grup UEFA Nations League pada matchday keenam.

    Bola Internasional

    Sabtu, 24 September 2022

    Hasil J2 League 2022: Tundukkan Montedio Yamagata, Tokyo Verdy Teruskan Hasil Positif

    Tokyo Verdy berhadapan dengan Montedio Yamagata pada pertandingan lanjutan Meiji Yasuda J2 League 2022.

    Liga Italia

    Sabtu, 24 September 2022

    Kontrak Segera Habis, Griezmann, Asensio, dan Pulisic Masuk Daftar Incaran Juventus

    Juventus FC mengincar beberapa pemain free agent musim depan. Menurut La Gazzetta dello Sport, tiga pemain yang masuk daftar incaran mereka adalah: Antoine Griezmann, Marco Asensio dan Christian Pulisic.

    Bola Internasional

    Sabtu, 24 September 2022

    Link Live Streaming Tokyo Verdy vs Montedio Yamagata: Komentator Indonesia!

    Berikut ini adalah siaran langsung dan link live streaming laga Meiji Yasuda J2 League, Tokyo Verdy vs Montedio Yamagata.

    Dunia

    Sabtu, 24 September 2022

    VIDEO: Sergio Busquets Pamer Skill dan Gavi Cetal Gol dalam Sesi Latihan Spanyol

    Saksikan cuplikan video Sergio Busquets dan Gavi pamer skill dalam latihan tim nasional Spanyol.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X