Inggris Juara Piala Eropa Wanita 2022: Ratu Elizabeth II Beri Ucapan Selamat untuk Lionesses

1 Agustus 2022, 09:20 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Kapten Leah Williamson (#No.8) memimpin tim sepak bola wanita Inggris merayakan kemenangan mereka di final Piala Eropa Wanita 2022 pada Minggu malam.
Kapten Leah Williamson (#No.8) memimpin tim sepak bola wanita Inggris merayakan kemenangan mereka di final Piala Eropa Wanita 2022 pada Minggu malam. /Twitter @Lionesses

SKOR.id - Setelah 56 tahun, sepak bola Inggris akhirnya menggemakan seruan 'Football is coming home' setelah The Lionesses memenangkan trofi Piala Eropa Wanita 2022.

Mereka berhasil mengalahkan Jerman 2-1 di Wembley berkat gol dari pemain pengganti Ella Toone dan Chloe Kelly di babak perpanjangan waktu.

Ini sukses kesuksesan turnamen besar pertama Inggris sejak juara Piala Dunia 1966 (putra).

"Selamat dari saya yang paling hangat, dan juga keluarga saya, untuk Anda semua yang memenangkan Kejuaraan Wanita Eropa," kata sebuah pernyataan dari Ratu Inggris.

Direncanakan sebuah perayaan kemenangan digelar di depan para penggemar di Trafalgar Square pada hari Senin antara pukul 11:00 dan 14:00 WIB - dan yang akan disiarkan langsung di BBC One mulai pukul 12:40 WIB.

Pesan dari Ratu Elizabeth II berlanjut: "Ini sungguh pencapaian yang signifikan bagi seluruh tim, termasuk staf pendukung Anda."

"Kejuaraan dan penampilan Anda di dalamnya pantas mendapatkan pujian. Namun, sukses yang Anda peroleh jauh melampaui trofi yang pantas Anda dapatkan."

"Kalian semua telah memberikan contoh yang akan menjadi inspirasi bagi anak perempuan dan semua perempuan hari ini, dan untuk generasi mendatang."

"Saya berharap Anda akan bangga dengan dampak yang Anda miliki pada olahraga Anda seperti halnya Anda dengan hasil hari ini."

Pangeran William, juga menuliskan pesan di akun Twitter Duke dan Duchess of Cambridge, mengatakan: "Sensasi. Kemenangan luar biasa. Seluruh bangsa tidak bisa lebih bangga dengan kalian semua. Luar biasa melihat sejarah tercipta malam ini di Wembley, Selamat!"

Perdana Menteri Boris Johnson memuji skuat Sarina Wiegman di media sosial, menuliskan: "Sepak bola telah pulang! Kemenangan menakjubkan oleh Lionesses."

"Selamat untuk Sarina (Wiegman, pelatih), Leah Williamson (kapten) dan seluruh tim. Lapangan sepak bola di seluruh negeri akan diisi oleh para gadis dan wanita yang terinspirasi oleh kemenangan Anda."

Itu adalah kemenangan turnamen besar pertama tim sepak bola wanita Inggris. Dan, kepala eksekutif Asosiasi Sepak Bola Mark Bullingham mengatakan itu adalah "pencapaian luar biasa dan momen olahraga bersejarah".

"Lionesses ini telah menjadi duta yang luar biasa, di dalam maupun di luar lapangan, sejak dari pertandingan pertama hingga terakhir. Setiap anggota skuat ini telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dan akan abadi di sepak bola wanita di Inggris."

"Mereka tidak hanya merebut hati bangsa, tetapi juga telah mendobrak batas. Mereka telah meninggalkan satu warisan abadi yang akan berdampak positif pada sepak bola wanita dan anak perempuan di negara ini untuk generasi mendatang."

Tim sepak bola pria Inggris kalah dari Italia melalui adu penalti di tempat yang sama di final Kejuaraan Eropa musim panas lalu.

Kapten mereka Harry Kane, tweeted: "Adegan yang benar-benar tidak nyata di Wembley!! Selamat sebesar-besarnya untuk Lionesses yang luar biasa!! Ella Toone, hormat saya untuk penyelesaian akhir itu!"

Bek Manchester United dan Inggris, Harry Maguire, lalu menambahkan: "Permainan brilian. Sejarah dibuat. Seluruh negara bangga padamu. Nikmati perayaannya."

'Inilah saatnya' - reaksi para pakar
Mantan bek Inggris dan Arsenal, Alex Scott, begitu emosional saat berkomentar di BBC One, hingga meneteskan air mata, setelah peluit akhir.

"Begitu banyak orang yang terlibat untuk membawa sepak bola wanita ke titik ini, untuk melihat trofi ini," katanya. “Inilah yang kami impikan, jumlah investasi dalam permainan sepak bola wanita untuk membawa kami ke titik ini."

"Momen ini mengingatkan saya pada Piala Dunia Wanita 1999 ketika AS memenangkannya. Itu mengubah wajah sepak bola di Amerika selamanya. Saya merasa inilah momen di Inggris. Inilah momennya."

Juga luar biasa adalah bahwa pertandingan final ini ditonton oleh 87.192 orang di Wembley - rekor untuk pertandingan Euro di sepak bola pria atau wanita.

Rekor kehadiran Euro Wanita juga telah dipecahkan pada pertandingan pembukaan di Old Trafford, dengan 68.871 menyaksikan Inggris mengalahkan Austria 1-0.

Secara total, 574.875 orang menonton Euro 2022 - lebih dari dua kali rekor sebelumnya.

Tujuh dari penonton Piala Eropa Wanita teratas terjadi musim panas ini - juga di kandang Southampton, Brighton, Sheffield United, dan MK Dons.

“Kembali pada tahun 2018 kami memohon orang-orang untuk jadi tuan rumah pertandingan Euro di stadion mereka,” ujar Scott, mengisahkan perjuangan sepak bola wanita Inggris.  "Begitu banyak orang mengatakan tidak. Saya harap mereka melihat diri mereka sendiri dan berpikir bahwa mereka tidak cukup berani."

"Saya tidak hanya berdiri di event perusahaan memohon agar mereka terlibat dalam sepak bola wanita. Jika Anda tidak terlibat, Anda ketinggalan perahu. Anda ketinggalan kereta, akhirnya meninggalkan stasiun, kecepatan berkumpul begitu cepat."

Manajer Arsenal Women, Jonas Eidevall memuji peran Sarina Wiegman dalam kemenangan Inggris.

"Ini menyangkut kejelasan dan komunikasi," katanya dalam perannya sebagai komentator BBC. "Saya berbicara dengan beberapa pemain saya sebelum Euro. Sarina melakukan pembicaraan satu lawan satu dengan masing-masing dari mereka - 'Saya melihat Anda sebagai starter, saya melihat Anda sebagai pemain yang berdampak'. Dan ini hasilnya."***

Baca Juga Berita Piala Eropa Wanita 2022:

Piala Eropa Wanita 2022: Inggris Kalahkan Jerman di Final, Sederet Rekor Tercipta

Piala Eropa Wanita 2022: Kalahkan Jerman 2-1, Inggris Keluar sebagai Juara

VIDEO: Sekelompok Meerkat dari Drusillas Park Prediksi Juara Piala Eropa Wanita 2022

  • Sumber: BBC
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Dunia

    Sabtu, 30 Juli 2022

    VIDEO: Prediksi Jurgen Klopp di Final Piala Eropa Wanita 2022 antara Inggris vs Jerman

    Pelatih Liverpool mengungkapkan pandangannya terkait Piala Eropa 2022 (Women's Euro).

    Dunia

    Sabtu, 30 Juli 2022

    Kilas Balik Piala Dunia 1934: Laga Brutal Italia vs Spanyol

    Berikut ini kilas balik Piala Dunia 1934 yang digelar di Italia.

    Dunia

    Minggu, 31 Juli 2022

    Kilas Balik Piala Dunia 1938: Italia Rengkuh Gelar Kedua Secara Beruntun hingga Keikutsertaan Hindia Belanda

    Menyambut Piala Dunia 2022, berikut adalah kilas balik Piala Dunia 1938.

    Dunia

    Minggu, 31 Juli 2022

    Sarina Wiegman, Wanita Belanda yang Mengubah Nasib The Lionesses

    Masuk Sarina Wiegman. Pelatih Belanda yang mengantarkan Belanda meraih kesuksesan kontinental pada 2017, dan final Piala Dunia 2019.

    Terbaru

    Dunia

    Selasa, 16 Agustus 2022

    Luis Suárez Beralih dari Kemewahan Eropa ke Realitas Sepak Bola Amerika Selatan

    Luis Suarez bermain untuk Nacional di stadion yang sama sekali berbeda dari stadion yang biasa digunakan striker internasional Uruguay itu di Eropa.

    Dunia

    Senin, 15 Agustus 2022

    Menuju Piala AFF 2022, Ini Dua Agenda Vietnam Terdekat pada FIFA Matchday

    FIFA Matchday terdekat dimaksimalkan timnas Vietnam untuk bersiap ke Piala AFF 2022.

    Dunia

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Gawat, Mobil Pemain Dibakar Usai Aldosivi Kalah

    Mobil milik pemain dari tim sepak bola divisi satu Argentina Aldosivi jadi sasaran. Mobil mereka dibakar setelah kalah 2-0 dari rivalnya Godoy Cruz.

    Dunia

    Jumat, 12 Agustus 2022

    Persiapan Piala AFF 2022, Timnas Malaysia Ikut Turnamen di Thailand

    Timnas Malaysia akan mengikuti turnamen Quadrangular di Chiang Mai, Thailand, yang diikuti empat tim.

    Dunia

    Kamis, 11 Agustus 2022

    Didier Deschamps Yakin Paul Pogba Bisa Main di Piala Dunia 2022

    Pelatih Didier Deschamps yakin bintang Juventus ini bisa fit tepat waktu dan jadi andalan Prancis di Qatar.

    Dunia

    Kamis, 11 Agustus 2022

    Laga Perdana Piala Dunia 2022 Qatar Berpotensi Berubah

    Untuk saat ini, terdapat dua laga yang mendahului pertemuan tuan rumah Qatar dengan Ekuador.

    Dunia

    Rabu, 10 Agustus 2022

    Profil FC ViOn Zlate Moravce, Klub Baru Egy Maulana Vikri yang Pernah Main di Piala UEFA

    Berikut ini Skor.id menyajikan profil singkat FC ViOn Zlate Moravce, klub baru dari pemain timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri.

    Dunia

    Senin, 8 Agustus 2022

    Babak Belur di Kompetisi Malaysia, Kedah Darul Aman Ingin Jadikan PSM Makassar Pelampiasan

    Kedah Darul Aman FC mencari obat penawar kekecewaan suporternya setelah babak belur di Liga Super Malaysia.

    Dunia

    Kamis, 4 Agustus 2022

    Kilas Balik Piala Dunia 1962: Brasil Juara untuk Kedua Kalinya

    Berikut ii adalah jukas balik gelaran Piala Dunia 1962.

    Dunia

    Rabu, 3 Agustus 2022

    Kilas Balik Piala Dunia 1958: Pele Datang, Brasil Bawa Pulang Trofi Pertama

    Berikut ini adalah kilas balik Piala Dunia tahun 1958 di mana Brasil tampil sebagai juara.
    X