Jelang Derbi Yokohama, Sejarah Panas Terbentuknya Yokohama F. Marinos dan Yokohama FC

24 April 2021, 05:30 WIB
Tim Yokohama F. Marinos pada gelaran J.League musim 2009. /(© J.LEAGUE - all rights reserved)
Penulis: Thoriq Az Zuhri
Editor: Thoriq Az Zuhri

SKOR.id - Ada sejarah panas di balik gelaran derbi Yokohama di Meiji Yasuda J1 League yang mempertemukan Yokohama F. Marinos dengan Yokohama FC.

Hari ini, derbi Yokohama akan tersaji di pekan ke-11 Meiji Yasuda J1 League. Yokohama F. Marinos akan menjamu tetangga satu kota, Yokohama FC, Sabtu (24/4/2021) pukul 12.00 WIB.

Rivalitas kedua tim bisa dibilang panas, apalagi jika ditilik dari awal pembentukan kedua tim yang sama-sama berasal dari Prefektur Kanagawa ini.

Dulu, Yokohama F. Marinos masih bernama Yokohama Marinos dan merupakan satu dari 10 klub asli pendiri J.League pada 1993.

Sejak saat itu, Marinos belum pernah degradasi, bersama Kashima Antlers jadi dua tim yang selalu ikut dalam setiap musim J.League dan belum pernah degradasi dari kasta teratas.

 

Berdiri pada 1972 sebagai Nissan Motor, sejarah klub ini bisa dibilang rumit.

Mereka berganti nama jadi Yokohama Marinos saat bergabung ke J.League pada 1992. Nama "Marinos" diambil dari Bahasa Spanyol yang berarti "Pelaut", menunjukkan identitas mereka sebagai Kota Pelabuhan.

Enam tahun berselang, klub sekota mereka, Yokohama Flugels, kehilangan sponsor utama dan memutuskan untuk bergabung dengan rival sekota mereka, Yokohama Marinos.

Klub baru itu kemudian bernama Yokohama F. Marinos, dengan "F" di tengah menunjukkan bahwa Flugels jadi setengah bagian dari klub ini.

Para pemain Yokohama F. Marinos merayakan kemenangan lawan Hokkaido Consadole SApporo di Meiji Yasuda J1 League, Jumat (16/4/2021). (© J.LEAGUE - all rights reserved)

Akan tetapi, fan Flugels merasa bahwa hal ini tak seperti penggabungan, klub mereka hanya dilebur, dan menolak untuk mendukung Marinos.

Dengan menggunakan dana dari donasi, para fan ini kemudian membuat klub baru yang dinamai Yokohama Fulie Sports Club, klub profesional pertama di Jepang yang dimiliki oleh suporter.

Berganti nama jadi Yokohama FC, mereka kemudian berhasil masuk dan promosi ke kasta kedua J.League pada 2001.

Enam tahun berselang, mereka jadi juara J2 League dan promosi, meski kemudian harus degradasi pada musim yang sama.

Dua pemain veteran Jepang, Shinji Ono (kiri) dan Shunsuke Nakamura (kanan), pada laga Hokkaido Consadole Sapporo vs Yokohama FC di Meiji Yasuda J1 League 2021. (© J.LEAGUE - all rights reserved)

Setelah itu, mereka menghabiskan waktu 12 musim di divisi dua sebelum promosi kembali pada 2020 lalu.

Musim lalu, kedua tim bertemu di ajang liga kasta teratas untuk kali pertama dalam lebih dari satu dekade.

Yokohama F. Marinos menang besar 4-0 pada pertemuan pertama di kandang sendiri, sedangkan Yokohama FC menang 3-1 saat laga dihelat di kandang mereka.

Kini, kedua tim akan kembali bertemu. Siapa yang akan jadi raja terbaru Kota Yokohama?

 

Para pencinta Liga Jepang bisa menyaksikan pertandingan-pertandingan Meiji Yasuda J1 League musim ini lewat siaran langsung K-Vision di channel MNC Sport dan atau Soccer Channel.

Selain itu, penggemar J.League juga bisa menyaksikan melalui MNC vision (Channel: MNC Sport dan atau Soccer Channel), Vision+ (OTT), dan MNC Play (TV Kabel).

 

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita J.League Lainnya:

Mantan Winger Madura United Jalani Debut di J1 League Bersama Vegalta Sendai

Misteri Hilangnya Ketajaman Lini Depan Gamba Osaka, Baru Cetak Sebiji Gol

Tag

Berita Terkait

Latest