Best XI Pelatih Terbaik Berdasarkan Posisinya saat Masih Aktif Bermain

15 Desember 2020, 15:00 WIB
Penulis: Vivaldi Yudha
Editor: Taufan Bara Mukti
Cover pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. /(Grafis Yusuf/Skor.id)

  • Pelatih merupakan salah satu pilihan favorit bagi sebagian pemain setelah pensiun.
  • Beberapa mantan pemain yang kini menjabat sebagai pelatih di antaranya adalah Pep Guardiola, Zinedine Zidane, serta Steven Gerrard.
  • Skor Indonesia mencoba meramu best XI pelatih berdasarkan posisinya saat masih aktif bermain.

SKOR.id - Pelatih merupakan salah satu pilihan favorit bagi bebebarapa pemain setelah memutuskan gantung sepatu.

Sejumlah nama pesepak bola yang kini memilih jalan untuk mengarsiteki sebuah tim di antaranya adalah Pep Guardiola, Zinedine Zidane, dan Steven Gerrard.

Selain itu, ada duo kakak beradik yang tengah berkiprah di Liga Italia, yakni Filippo dan Simone Inzaghi.

Simone kini menangani Lazio sementara sang kakak menjadi pelatih Benevento dan keduanya akan saling berhadapan pada Rabu (16/12/2020) dini hari WIB.

 

Dari sekian banyak eks-bintang lapangan yang menjadi pelatih, mereka datang dari posisi yang beragam, dari kiper hingga penyerang.

Untuk itu, Skor.id mencoba meracik best XI pelatih terbaik berdasarkan posisinya saat masih aktif sebagai pesepak bola.

Kiper - Julen Lopetegui (Sevilla)

Pelatih Sevilla, Julen Lopetegui (tengah), dirangkul para stafnya usai berhasil menjuarai Liga Europa 2019-2020. (Twitter/UEFA Europa League)
Pelatih Sevilla, Julen Lopetegui (tengah), dirangkul para stafnya usai berhasil menjuarai Liga Europa 2019-2020. (Twitter/UEFA Europa League) (Twitter/UEFA Europa League)

Kebanyakan seorang pelatih berasal dari pemain yang dulunya bermain sebagai bek atau gelandang, namun tidak untuk Julen Lopetegui, ia adalah seorang kiper.

Meskipun namanya tidak setenar pemain-pemain La Liga di zamannya, Julen Lopetegui tercatat pernah menjadi bagian dari kesuksesan dua raksasa Liga Spanyol, Real Madrid dan Barcelona.

Bersama Real Madrid ia pernah sekali menjuarai Liga Spanyol dan dua kali juara Piala Super Spanyol, sementara di Barcelona ia berhasil dua kali di Piala Super Spanyol dan sekali mengangkat trofi Copa del Rey

Sebagai pelatih Sevilla, pria berusia 54 tahun itu berhasil mempersembhakan gelar juara Liga Europa musim 2019-2020.

Bek - Slaven Bilic (West Bromwich Albion)

Salah satu mantan bek yang kini masih aktif menjadi pelatih adalah Slaven Bilic. Bilic kini adalah juru taktik dari klub Liga Inggris, West Bromwich Albion.

Semasa masih aktif menjadi pemain, Slaven Bilic pernah memperkuat sejumlah klub seperti West Ham United, Everton, dan Karlsruher, tapi pencapaian terbaiknya hadir ketika ia memperkuat klub Kroasia, Hadjuk Split.

Slaven Bilic pernah merasakan sejumlah gelar juara bersama Hadjuk Split di antaranya adalah juara Liga Utama Kroasia pada tahun 1992 serta Piala Super Kroasia pada tahun yang sama.

Didapuk menjadi pelatih West Bromwich Albion tahun lalu, ia berhasil membawa klub berjulukan The Baggles itu promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris (Premier League) musim 2020-2021.

Bek - Ronald Koeman (Barcelona)

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman.
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Ronald Koeman adalah satu di antara beberapa talenta asal Belanda yang pernah menjadi bagian dari skuad Barcelona. Ia memperkuat Blaugrana selama enam tahun dari 1989-1995.

Selama enam tahun merumput di tanah Spanyol, adik Erwin Koeman itu sukses empat kali memenangi Liga Spanyol, satu kali juara Liga Champions, dan sekali menjadi yang terbaik di ajang Copa del Rey.

Sepanjang kariernya sebagai pemain, Barcelona adalah satu-satunya klub luar Belanda yang pernah ia perkuat. Koeman pernah menjadi bagian dari Ajax Amsterdam, Groningen, PSV Eindhoven, serta Feyenoord.

Sebagai pelatih, Ronald Koeman pernah menukangi Valencia, Everton, timnas Belanda, dan kini Barcelona.

Bek - Steve Bruce (Newcastle United)

Nama berikutnya adalah mantan bek yang malang melintang di sejumlah klub Liga Inggris yang kini melatih Newcastle United, yakni Steve Bruce.

Steve Bruce merupakan pemain asli Inggris yang hanya berkiprah di Liga Inggris sepanjang karier profesionalnya.

Pria yang kini berusia 59 tahun itu pernah membela Gillingham, Norwich City, Manchester United, Birmingham City, dan terakhir Sheffield United.

Sejumlah gelar juara dirasakannya ketika ia di Manchester United pada tahun 1987-1996, seperti tiga trofi Liga Inggris, tiga trofi Piala FA, serta satu gelar Piala Super Eropa.

Sayap kanan - Steven Gerrard (Rangers)

Beralih ke lini tengah, salah satu mantan pemain tengah yang kini aktif menjadi pelatih adalah Steven Gerrard.

Steven Gerrard didapuk untuk menjadi pelatih klub Liga Skotlandia, Rangers, pada tahun 2018 setelah memutuskan pensiun sebagai pemain dua tahun sebelumnya.

Terbaru, mantan ikon Liverpool itu berhasil membawa tim besutannya melaju ke babak 32 besar Liga Europa musim 2020-2021 usai finis sebagai pemuncak tabel grup D.

Soal pencapaiannya ketika aktif bermain, Steven Gerrard bersama Liverpool telah merasakan sekali juara Liga Champions dan dua trofi Piala FA.

Gelandang - Pep Guardiola (Manchester City)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, dalam jumpa pers usai mengalahkan Olympiakos 3-0 di Liga Champions.
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, dalam jumpa pers usai mengalahkan Olympiakos 3-0 di Liga Champions. Twitter/Beanymansports

Bagi pecinta Barcelona, nama Pep Guardiola tentu tidak asing. Selain sukses sebagai pemain, ia juga mempersembahkan sejumlah trofi ketika menjadi pelatih.

Sebagai pemain, lelaki bernama lengkap Josep Guardiola Sala itu di antaranya pernah enam kali mengangkat trofi Liga Spanyol, satu trofi Liga Champions, dan satu gelar Copa del Rey.

Ketika "naik pangkat" menjadi pelatih, salah satu pencapaian terbaik Pep Guardiola di Barcelona adalah memberikan tiga gelar Liga Spanyol secara beruntun dari musim 2008-2009 hingga 2010-2011. Guardiola juga menjadi pelatih pertama di sepak bola Spanyol yang membawa timnya meraih treble winner atau merebut tiga gelar dalam satu musim.

Sejumlah kesuksesan pun diraih bersama klubnya saat ini, Manchester City. Ia tercatat berhasil membawa The Citizens dua kali juara Liga Inggris dan beberapa gelar domestik lainnya.

Gelandang - Zinedine Zidane (Real Madrid)

Zinedine Zidane merupakan salah satu gelandang terbaik pada zamannya yang kini menjadi pelatih Real Madrid.

Pensiun pada tahun 2006, Zinedine Zidane baru mulai meniti karier sebagai juru taktik pada tahun 2014 di Real Madrid Castilla.

Dua tahun berselang, mantan andalan timnas Prancis itu dipromosikan menjadi pelatih tim utama Real Madrid.

Empat tahun dalam dua periode menangani El Real, Zinedine Zidane berhasil membawa sejumlah piala, termasuk tiga trofi Liga Champions dan dua trofi Liga Spanyol.

Gelandang - Diego Simeone (Atletico Madrid)

Semasa aktif menjadi aktor di lapangan, Diego Simeone pernah memperkuat sejumlah klub seperti Atletico Madrid dan Lazio.

Di Atletico Madrid, ia pernah satu kali juara Liga Spanyol, sedangkan di Lazio ia pernah merengkuh satu trofi Liga Italia, satu piala Coppa Italia, dan satu gelar Piala Super Italia.

Sebelas tahun melatih Los Rojiblancos, julukan Atletico Madrid, satu trofi Liga Spanyol dan dua gelar Liga Europa merupakan beberapa pencapaian Diego Simeone.

Sayap kiri - Ryan Giggs (Timnas Wales)

Dari tahun 1990 hingga 2014, sisi sayap Manchester United tidak lepas dari nama bintang asal Wales, Ryan Giggs.

Empat belas tahun bermain di pasukan Old Trafford, salah satu pencapaian terbaik Ryan Giggs tercipta pada tahun 1999 di mana Man United meraih treble winner di ajang Liga Champions, Liga Inggris, dan Piala FA.

Melatih timnas Wales sejak Januari 2018, pencapaian terkini Ryan Giggs adalah membawa anak asuhnya tampil di Euro 2020 yang bakal berlangsung tahun depan.

Penyerang - Andriy Shevchenko (Timnas Ukraina)

Di posisi penyerang, mantan bintang AC Milan, Andriy Shevchenko, masuk dalam daftar ini.
Andriy Shevchenko saat ini diketahui menjadi pelatih tim nasional Ukraina sejak tahun 2016.

Semasa masih aktif mengolah bola, Shevchenko pernah meraih gelar Ballon d'Or (2004) dan beberapa gelar bergengsi bersama AC Milan, termasuk satu trofi di Liga Italia dan Liga Champions.

Penyerang - Simone Inzaghi (Lazio)

Pelatih Lazio, Simone Inzaghi, kala mendampingi timnya kontra Zenit Saint Petersburg, 4 November 2020.
Pelatih Lazio, Simone Inzaghi, kala mendampingi timnya kontra Zenit Saint Petersburg, 4 November 2020.

Nama Simone Inzaghi mungkin kalah tenar jika dibandingkan sang kakak, Filippo Inzaghi, saat masih sama-sama masih bermain.

Akan tetapi, perjalanan lelaki berusia 44 tahun itu sebagai pelatih terbilang cukup impresif.

Empat tahun dipercaya menangani Lazio sejak 2016, Simone Inzaghi telah memberikan tiga gelar juara, dua di Piala Super Italia dan, satu di Coppa Italia.

Ia juga menjadi pelatih yang membawa Lazio tampil di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 2007-2008.

Best XI Pemain Menjadi Pelatih
Best XI Pemain Menjadi Pelatih | Grafis Yusuf/Skor.id

Best XI pelatih terbaik berdasarkan posisinya saat masih bermain

(3-5-2): Julen Lopetegui; Slaven Bilic, Ronald Koeman, Steve Bruce; Steven Gerrard, Pep Guardiola, Zinedine Zidane, Diego Simeone, Ryan Giggs; Andriy Shevchenko, Simone Inzaghi.

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Best XI Lainnya:

Best XI Arsenal dalam Era Kepelatihan Arsene Wenger

Best XI Bintang yang Tidak Pernah Meraih Gelar Liga Champions: Gianluigi Buffon Merasa Beruntung

Tag

Video

Komentar

Berita Terkait

Liga Champions

Kamis, 26 November 2020

Best XI Matchday ke-4 Liga Champions: Munculnya Pemain Kejutan

Beberapa pemain kejutan muncul setelah hasil matchday keempat fase grup Liga Champions.

Bola Internasional

Jumat, 27 November 2020

Best XI Liga Europa Matchday Ke-4: Bintang Tottenham Hotspur Bersinar

Beberapa nama pemain Tottenham Hotspur bersinar pada matchday keempat Liga Europa.

Liga 1

Kamis, 3 Desember 2020

Best XI Persib Bandung selama Era Liga 1 2017 hingga 2020

Simak 11 pemain terbaik Persib Bandung atau Best XI selama era Liga 1 (2017-2020) versi Skor.id, dalam artikel ini.

Terbaru

Liga Italia

Minggu, 17 Januari 2021

Stefano Pioli Enggan Bahas Transfer Mario Mandzukic ke Milan

AC Milan sedang dikaitkan dengan mantan penyerang Juventus, Mario Mandzukic.

Liga Italia

Minggu, 17 Januari 2021

Ini Cara AC Milan Atasi Absensi Hakan Calhanoglu dan Theo Hernandez

AC Milan dipastikan tanpa Hakan Calhanoglu dan Theo Hernandez dalam lawatan ke Cagliari.

Liga Inggris

Minggu, 17 Januari 2021

Fred Sempat Menderita Dianggap Rekrutan Gagal Manchester United

Gelandang Brasil, Fred mengaku sangat menderita saat menjalani musim debutnya di Manchester United

Liga Inggris

Minggu, 17 Januari 2021

Kalau pun Tidak Juara Musim Ini, Manchester City Janji tetap Beri Pep Guardiola "Hadiah"

Manchester City akan tetap memberi Pep Guardiola modal belanja pemain meski jika gagal mempersembahkan gelar musim ini.

Liga Italia

Minggu, 17 Januari 2021

Hasil Liga Italia: Lorenzo Insigne Cetak Brace, Napoli Babat Fiorentina 6-0

Napoli menggulung Fiorentina dengan enam gol tanpa balas.

Liga Inggris

Minggu, 17 Januari 2021

Hati-hati Manchester United, Sadio Mane Kirim Peringatan

Bintang Liverpool, Sadio Mane mengirim peringatan ke Manchester United jelang duel di Anfield, Minggu (17/1/2021).

Liga Italia

Minggu, 17 Januari 2021

Bisa Didapat Gratis, Juventus Bidik Gelandang Senior Manchester United

Juventus dikabarkan tertarik untuk memboyong pemain gaek Manchester United, Juan Mata.

Liga Inggris

Minggu, 17 Januari 2021

Link Live Streaming Sheffield United vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris

Tottenham Hotspur bakal melawat ke markas Sheffield United pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Bramall Lane, Minggu (17/1/2021) malam WIB.

Liga Inggris

Minggu, 17 Januari 2021

Solid Bareng Eric Bailly di Manchester United, Harry Maguire Ungkap Rahasianya

Duo ini kemungkinan akan kembali menjadi andalan saat MU menantang Liverpool di Anfield, Minggu (17/1/2021).

Liga Italia

Minggu, 17 Januari 2021

Zlatan Ibrahimovic Beri Lampu Hijau, AC Milan Siapkan Kontrak untuk Mario Mandzukic

AC Milan diyakini telah mengantongi ijin dari Zlatan Ibrahimovic untuk memboyong Mario Mandzukic ke San Siro.

Terpopuler

Keyword Populer

Sepak Pojok

X