10 Pemain dengan Peningkatan Value setelah Euro 2020

17 Juli 2021, 14:15 WIB
Penulis: Irfan Sudrajat
Editor: Irfan Sudrajat
Pedri menjadi bintang Spanyol di gelaran Euro 2020.
Pedri menjadi bintang Spanyol di gelaran Euro 2020. /Twitter Barcastat

  • Euro 2020 lalu membuat value sejumlah pemain di bursa transfer mengalami peningkatan.
  • Mereka tampil mengesankan dan menjadi kunci bagi masing-masing timnya pada Piala Eropa 2020 yang baru berlalu itu.
  • Berikut 10 pemain yang berhasil membuat value mereka meningkat setelah penampilan apik mereka di Euro 2020.

SKOR.id - Piala Eropa 2020 memang telah berakhir. Meski demikian, efeknya masih terasa, khususnya dalam musim transfer saat ini. Ketika bursa transfer dibuka, value (nilai) pemain pun menjadi perhatian.

Value pemain juga menjadi salah satu ukuran banyak klub dalam memutuskan pemain dalam bidikan mereka. Bukan kebetulan tentunya bahwa Euro 2020 telah meningkatkan value sejumlah pemain.

Performa mereka membuat perubahan positif bagi nilai mereka masing-masing dalam pasar transfer. Inilah yang terjadi kepada kiper timnas Italia contohnya.

Gianluigi Donnarumma yang bergabung ke Paris Saint-Germain telah membuktikan kemampuan terbaiknya di bawah mistar. Paris Saint-Germain tentu saja menjadi klub yang sangat beruntung.

Selain karena statusnya yang gratis karena habis kontrak di AC Milan, Paris Saint-Germain juga mendatangkan penjaga gawang yang nilai valuenya meningkat.

Namun, tentu saja bukan hanya Gianluigi Donnarumma. Faktanya, ada banyak pemain yang mengalami pentingkatan nilai mereka di bursa transfer.

Skor.id merangkum 10 pemain yang value mereka meningkat setelah performa mereka di Euro 2020. Siapa saja mereka? Berikut rangkumannya:

1. Pedri (Spanyol) + 10 Juta Euro

Gelandang timnas Spanyol, Pedri, berada di posisi pertama sebagai pemain yang mencapai peningkatan siginifikan dalam value di bursa transfer.

Bintang muda Barcelona ini memang sudah memiliki nilai tinggi di angka 70 juta euro per 31 Mei 2021 lalu.

Selain karena usianya yang masih muda, 18 tahun, performa yang diperlihatkan Pedri sepanjang Euro 2020 lalu menjadi faktor meningkatnya nilai tersebut.

Pedri adalah pemain yang selalu diturunkan pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique pada ajang bergengsi antarnegara Eropa tersebut.

Meski Spanyol gagal ke final, namun performa Pedri menarik perhatian publik sepak bola Eropa.

Karena itu pula, Euro 2020 berhasil meningkatkan value pemain ini. Kini, nilai Pedri setelah Euro 2020 meningkat 10 juta Euro.

Dari 70 juta euro pada 31 Mei 2021 itu, nilainya menjadi 80 juta euro sejak 15 Juli 2021.

2. Federico Chiesa (Italia) + 10 Juta Euro

Ya, sayap kanan timnas Italia: Federico Chiesa. Putra dari Enrico Chiesa, salah satu instrumen yang menjadi kunci sukses Gli Azzurri asuhan Roberto Mancini meraih gelar Euro 2020.

Sebelum Piala Eropa 2020, nilai Federico Chiesa dalam transfermarkt mencapai 60 juta euro.

Kini, dapat dilihat nilai bintang Juventus ini telah berada di angka 70 juta euro per 15 Juli 2021 lalu, atau meningkat 10 juta euro.

Federico Chiesa merayakan gol pada laga Italia vs Spanyol di semifinal Euro 2020.
Federico Chiesa merayakan gol pada laga Italia vs Spanyol di semifinal Euro 2020. (Twitter.com/EURO2020)

Performa Federico Chiesa untuk timnas Italia sepanjang Euro 2020 memang sangat mengesankan. Bahkan dia terpilih dua kali meraih Man of the Match.

Federico Chiesa mencetak dua gol pada Piala Eropa 2020 lalu itu. Yaitu ke gawang Austria pada fase 16 besar dan satu gol lainnya dalam semifinal lawan Spanyol.

3. Kalvin Phillips (Inggris) +10 Juta Euro

Piala Eropa 2020 benar-benar menjadi tiket Kalvin Phillips dalam menaikkan value. Gelandang Leeds United ini backbone bagi The Three Lions sepanjang pagelaran Euro 2020 lalu.

Pelatih Gareth Southgate selalu menempatkan Kalvin Phillips di lini tengah. Sebagai gelandang bertahan, Kalvin Phillips mampu bermain sebagai penyeimbang pula dalam permainan timnya.

Gelandang timnas Inggris, Kalvin Phillips, saat laga lawan Kroasia di Piala Eropa 2020.
Gelandang timnas Inggris, Kalvin Phillips, saat laga lawan Kroasia di Piala Eropa 2020. (Twitter.com/sportbible)

Nilainya pun mencapai peningkatan mencapai 10 juta euro. Ya, sebelum Piala Eropa 2020, value Kalvin Phillips mencapai 30 juta euro pada 28 Mei 2021 lalu.

Nilai tersebut berubah setelah Euro 2020 menjadi 40 juta euro per 15 Juli 2021.

4. Luke Shaw (Inggris) +7 Juta Euro

Bek kiri yang sebelum Euro 2020 merupakan pemain yang biasa saja. Luke Shaw menjadi bintang ketika Inggris mengalahkan Jerman, 2-0 pada fase 16 besar dengan assist yang diciptakannya.

Sedangkan di perempat final saat menghadapi Ukraina, performanya bahkan lebih baik lagi dengan memberikan dua assist dalam kemenangan 4-0.

Bek sayap Inggris, Luke Shaw, saat merayakan gol yang dia ciptakan dalam laga lawan Italia di final Piala Eropa 2020, Senin (12/7/2021).
Bek sayap Inggris, Luke Shaw, saat merayakan gol yang dia ciptakan dalam laga lawan Italia di final Piala Eropa 2020, Senin (12/7/2021). (Twitter Opta)

Sedangkan di final, Luke Shaw yang mencetak gol. Gol yang tercatat sebagai gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa ketika dia mencetaknya pada menit ke-1.

Bek kiri Manchester United ini memiliki value 35 juta euro pada 28 Mei 2021 lalu, tapi kemudian meningkat setelah Euro 2020, menjadi 42 juta euro per 15 Juli 2021.

5. Mikkel Damsgaard (Denmark) +7 Juta Euro

Timnas Denmark memang gagal membuat kembali ledakan seperti 1992 silam, namun sukses mereka ke semifinal merupakan pencapaian luar biasa.

Ada sejumlah momen yang akan selalu diingat dari performa Tim Dinamit sepanjang Euro 2020, seperti kolapsnya Christian Eriksen yang kemudian mendapatkan begitu banyak simpati.

Namun, di luar dari momen tersebut, ada pula sosok Mikkel Damsgaard yang tampil mengesankan.

Para pemain Denmark merayakan gol Mikkel Damsgaard ke gawang Inggris di semifinal Piala Eropa 2020.
Para pemain Denmark merayakan gol Mikkel Damsgaard ke gawang Inggris di semifinal Piala Eropa 2020. (Twitter.com/EURO2020)

Mikkel Damsgaard menguasai sayap kiri serangan timnya. Dari perannya itu pula yang membuat Denmark berhasil melangkah hingga semifinal.

Bintang muda berusia 21 tahun ini mencetak dua gol saat lawan Rusia, lalu memberiakan assist ketika lawan Wales, dan mencetak gol pula lawan Inggris di semifinal.

Bintang Sampdoria ini pun berhasil menaikkan value setelah performa yang dia perlihatkan dalam Euro 2020. Dari 13 juta euro per 26 Mei 2021, meningkat menjadi 20 juta euro per 15 Juli 2021.

6. Joakim Maehle (Denmark) +6 Juta Euro

Bukan hanya Mikkel Damsgaard. Sukses Denmark ke semifinal juga tidak terlepas dari peran Joakim Maehle.

Joakim Maehle salah satu bintang timnas Denmark dalam Euro 2020 lalu.
Joakim Maehle salah satu bintang timnas Denmark dalam Euro 2020 lalu. (Twitter)

Bek kanan yang membuat pertahanan Denmark sulit untuk ditembus. Dia adalah bintang klub Atalanta.

Nilainya di angka 13 juta euro per 26 Mei 2021 lalu, tapi meningkat pesat ke angkat 19 juta euro.

7. Declan Rice (Inggris)+5 Juta Euro

Declan Rice gelandang yang kerap terlihat dalam starter timnas Inggris pada Euro 2020. Dia bermain di lapangan tengah bersama Kalvin Phillips. Pemain yang selalu menjadi pilihan Gareth Southgate.

Gelandang bertahan 22 tahun ini seperti batu karang kembar bersama Kalvin Phillips di lini tengah timnas Inggris pada Euro 2020.

Declan Rice, dikabarkan menjadi incaran Manchester United.
Declan Rice, dikabarkan menjadi incaran Manchester United. twitter.com/_DeclanRice

Nilai pemain West Ham ini pun salah satu yang meningkat karena faktor performanya di Euro 2020. Dari memiliki value sebesar 65 juta euro, meningkat mencapai 70 juta euro. Ada peningkatan sebesar 5 juta euro.

8. Gianluigi Donnarumma (Italia) +5 Juta Euro

Kiper timnas Italia, peraih gelar Pemain Terbaik Euro 2020. Penjaga gawang yang menjadi kunci sukses adu penalti timnas Italia lawan Inggris di final.

Gianluigi Donnarumma yang kini baru bergabung ke Paris Saint-Germain tampil mengesankan, khususnya dalam laga final tersebut.

Kiper timnas Italia, Gianluigi Donnarumma, terpilih sebagai pemain terbaik Euro 2020.
Kiper timnas Italia, Gianluigi Donnarumma, terpilih sebagai pemain terbaik Euro 2020. Twitter

Gianluigi Donnarumma yang berusia 22 tahun merupakan kiper masa depan yang banyak diminati klub besar. Namun, dia memilih Paris Saint-Germain setelah meninggalkan AC Milan.

Nilainya di bursa transfer kini mencapai 60 juta euro atau meningkat 5 juta euro setelah sukses membawa timnas Italia juara Piala Eropa 2020.

9. Dani Olmo (Spanyol) +5 Juta Euro

Gelandang serang timnas Spanyol yang dipercaya pelatih Luis Enrique pada Euro 2020 lalu. Dani Olmo masih memiliki value 45 juta euro pada 31 Mei 2021 tapi kemudian meningkat menjadi 50 juta euro.

Dani Olmo (kanan) merayakan gol yang ia cetak untuk timnas Spanyol.
Dani Olmo (kanan) merayakan gol yang ia cetak untuk timnas Spanyol. (Twitter.com/EURO2020)

Nilai peningkatan tersebut pantas terjadi karena performanya untuk Tim Matador saat itu. Dani Olmo memberikan dua assist dalam kemenangan Spanyol atas Kroasia di 16 besar.

Dani Olmo juga memberikan satu assist ketika Spanyol menghadapi Italia di semifinal.

10. Harry Maguire (Inggris) +5 Juta Euro

Bek tengah timnas Inggris, Harry Maguire, berhasil membuat pertahanan timnya sulit untuk ditembus.

Kolaborasinya di jantung pertahanan bersama John Stones membuat gawang Inggris nyaris tidak tersentuh.

Harry Maguire merayakan kemenangan Inggris lawan Ukraina di Piala Eropa 2020.
Harry Maguire merayakan kemenangan Inggris lawan Ukraina di Piala Eropa 2020. (Twitter.com/EURO2020)

Performa ini pula yang membuat valuenya dalam bursa transfer meningkat. Pemain Manchester United ini kini memiliki nilai 50 juta euro setelah pada Mei lalu ada di angka 45 juta euro.

  • Sumber: Sky Sports
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bola Internasional

    Sabtu, 17 Juli 2021

    VIDEO: Seusai Juara Euro 2020, Gianluigi Donnarumma Siap Berpetualang Bersama PSG

    Berikut ini adalah cuplikan video pernyataan Gianluigi Donnarumma yang kini menjadi bagian dari Paris Saint-Germain (PSG).

    Bola Internasional

    Sabtu, 17 Juli 2021

    Duo Anyar J.League di Celtic Siap Guncang Gerrard, Rangers, dan Skotlandia

    Duo anyar J.League di Celtic FC siap mengguncang dominasi Rangers FC di Liga Skotlandia.

    Liga Italia

    Sabtu, 17 Juli 2021

    Segera Tes Medis, Bek Senegal Selangkah Lagi Jadi Milik AC Milan

    Bek asal Senegal tinggal selangkah lagi menjadi pemain AC Milan.

    Liga Inggris

    Sabtu, 17 Juli 2021

    Arsenal Akhirnya Dapat Kesepakatan Beli Ben White Seharga Rp998 Miliar

    Arsenal dilaporkan akhirnya berhasil menggaet bek Brighton and Hove Albion, Ben White.

    Terbaru

    Liga Spanyol

    Minggu, 26 September 2021

    Liga Spanyol 2021-2022: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

    Liga Spanyol 2021-2022 dimulai pada Sabtu (14/8/2021) WIB. Berikut jadwal, hasil, klasemen, dan profil klubnya.

    Liga Spanyol

    Minggu, 26 September 2021

    Hasil dan Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid Bertahan di Puncak, Atletico Madrid Tumbang

    Berikut ini adalah hasil dan klasemen Liga Spanyol musim 2021-2022 memasuki pekan ketujuh, Real Madrid masih di puncak.

    Liga Italia

    Minggu, 26 September 2021

    Hasil dan Klasemen Liga Italia: Inter Imbang, AC Milan Menang dan Puncaki Klasemen

    Berikut ini adalah hasil dan klasemen sementara Liga Italia 2021-2022 pekan keenam hari pertama.

    Liga Spanyol

    Minggu, 26 September 2021

    Hasil Real Madrid vs Villarreal: Laga Berakhir Tanpa Gol

    Real Madrid dan Villarreal harus berbagi angka pada lanjutan Liga Spanyol 2021-2022.

    Liga Inggris

    Minggu, 26 September 2021

    Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Kekalahan Manchester United dan Chelsea Untungkan Liverpool

    Berikut ini adalah hasil dan klasemen hari pertama pekan keenam Liga Inggris 2021-2022.

    Liga Italia

    Minggu, 26 September 2021

    Liga Italia 2021-2022: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

    Kick-off Liga Italia telah dimulai sejak Sabtu (21/8/2021) WIB. Simak jadwal, hasil, klasemen, dan profil timnya di sini!

    Liga Inggris

    Minggu, 26 September 2021

    Liga Inggris 2021-2022: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

    Kick-off Liga Inggris telah dimulai Sabtu (14/8/2021) WIB. Simak jadwal, hasil, klasemen, dan profil timnya di sini!

    Liga Inggris

    Minggu, 26 September 2021

    Hasil Brentford vs Liverpool: Kejar-kejaran Gol, The Reds Ditahan Imbang

    Liverpool ditahan imbang oleh Brentford pada lanjutan Liga Inggris 2021-2022.

    Liga Italia

    Minggu, 26 September 2021

    Hasil Inter Milan vs Atalanta: La Beneamata Gagal Lengserkan Rival Sekota

    Inter urung melungsurkan AC Milan di posisi teratas klasemen sementara Liga Italia.

    Liga Inggris

    Sabtu, 25 September 2021

    Rekening Gol di Liga Inggris 2021-2022 Masih Nol, Ada Apa dengan Harry Kane

    Cukup aneh melihat Harry Kane belum mencetak gol sama sekali dari empat laga pertamanya di Liga Inggris musim ini.
    X